REGIONALSULAWESI.ID| Jakarta- Peran ibu di dalam keluarga memang sangat besar. Ia dapat mengayomi, mendidik, dan mengajarkan berbagai hal kepada anak-anaknya. Ibu adalah segalanya, karena majunya sebuah bangsa juga terdapat andil dari peran ibu. Bahkan, peran ibu sangat besar dalam memaksimalkan potensi diri seorang manusia dan kaum ibu adalah penjaga moral anak bangsa.

“Saya ingin mengucapkan selamat Hari Ibu untuk seluruh ibu terutama ibu perkasa di lingkungan Kementerian ATR/BPN. Saya yakin para ibu di sini adalah orang-orang yang kuat karena sanggup memiliki peran ganda, bekerja di kantor dan merawat keluarga di rumah,” ujar Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil, dalam acara Talkshow Peringatan Hari Ibu (PHI) Tahun 2020 dengan tema “Perempuan Penyemangat dan Garda Terdepan di Era New Normal”, di Aula Prona Kementerian ATR/BPN, Rabu (23/12/2020).

Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto, mengungkapkan jika perayaan Hari Ibu tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19. “Tahun ini berbeda karena dirayakan di tengah pandemi Covid-19, tetapi tidak menghalangi respect terutama untuk para ibu di Kementerian ATR/BPN yang tetap bekerja dan menjadi garda terdepan dan semoga dapat bekerja lebih baik lagi,” ungkapnya.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Yulia Jaya Nirmawati, selaku moderator menjelaskan bahwa di tengah pandemi dengan situasi yang serba sulit tetapi tidak menghalangi para ibu Indonesia untuk hadir di garda terdepan. “Sejak pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia pada Maret 2020, pemerintah membuat imbauan untuk beraktivitas, belajar, dan bekerja dari rumah. Namun ada sekelompok orang yang harus bekerja di luar rumah dalam rentang waktu panjang, walau menghadapi risiko terpapar Covid-19. Apalagi para perempuan pekerja tersebut, juga berperan ganda sebagai seorang ibu, istri, anak ataupun sebagai seorang anggota keluarga yang diandalkan,” tuturnya.

Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Sumber Daya Manusia, Adriani Sukmoro, menuturkan jika seorang ibu dapat menjadi psikolog dalam keluarga yang bisa menjadi penyemangat di tengah pandemi Covid-19 sehingga dapat mengatur semuanya. “Para ibu dalam kementerian ATR/BPN diharapkan menjadi teladan dan contoh dengan menerapkan nilai-nilai dari Kementerian ATR/BPN. Hidup ini tidak sempurna dan walau hidup tidak sempurna tapi kita tidak pernah kehilangan harapan karena ada sosok seorang ibu yang akan selalu memaafkan dan mendukung,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengadaan Tanah, Arie Yuriwin, mengajak seluruh para ibu di Kementerian ATR/BPN untuk terus berkarya serta menginspirasi di lingkungan sekitar untuk mencapai cita-cita setinggi langit. Terus menjadi panutan terhadap keluarga dan anak-anak supaya nantinya langkah kecil tersebut yang akan menentukan masa depan.

Talkshow yang juga dilaksanakan melalui video conference ini, juga diisi oleh narasumber srikandi-srikandi hebat Kementerian ATR/BPN lainnya yaitu Sekretaris Inspektorat Jenderal, Sri Puspita Dewi; Inspektur Wilayah II, Niken Wulandari; Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I, Reni Windyawati; dan Tenaga Ahli Menteri ATR/Kepala BPN Bidang Pengembangan dan Pengawasan Zona Integritas, Ninik Maryanti.

(sp/*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini