REGIONALSULAWESI.ID| Takalar- Bhabinkamtibmas Desa Banyuanyara Polsek Mappakasunggu Polres Takalar, Bripka Zainal Halim, memberikan pelatihan terhadap warga di Desa Banyuanyara. Pelatihan diberikan di aula kantor desa setempat di ikuti 30 masyarakat.

Materi pelatihan diberikan oleh Bhabinkamtibmas Bripka Zainal Halim. Dalam pelatihan diberikan materi tentang penanganan bencana alam, pengamanan, penjagaan dan gerakan pengaturan lalu lintas.

Kapolsek Mappakasunggu Iptu M. Natsir, S.Sos., menyampaikan bahwa pelatihan kemampuan warga binaan dilaksanakan atas permintaan dari pihak pemerintahan desa. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat di tingkat desa dalam berbagai aspek pelaksanaan tugasnya.

“Selain materi dasar kemampuan diberikan juga materi tentang tanggap bencana alam. Diharapkan warga selain membantu menjaga keamanan juga bisa berperan saat terjadi bencana alam di desanya”, katanya.

Kapolsek menambahkan bahwa kegiatan pelatihan tanggap bencana bermaksud mengantisipasi apabila suatu desa mendapat musibah bencana alam di wilayah, Harapannya setelah mendapat pelatihan, selain bisa membantu menjaga keamanan, masyarakat bisa difungsikan membantu penanganan apabila bencana alam kembali terjadi.

“Masyarakat bisa menjadi personel penanganan awal apabila terjadi bencana alam di desa. Sampai adanya penanganan lanjutan dari instansi atau pihak terkait”, katanya.

Kapolsek berharap dengan pelatihan yang sudah diberikan, sebagai unsur pembantu Kepolisian di desa bisa maksimal dalam pelaksanaan tugas. Selain itu memiliki kemampuan dasar untuk bisa berbuat saat ada bencana alam di wilayahnya.

Mengenai hal tersebut Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Ibrahim Tompo, S.I.K.,M.Si., mengapresiasi atas pelatihan yang diberikan kepada masyarakat. Menurutnya materi yang disampaikan dapat bermanfaat nantinya apabila di butuhkan, sehingga materi terkait tanggap bencana sangat tepat disampaikan.

“Dengan pelatihan, diharapkan seluruh masyarakat dapat meningkatkan kemampuan di bidang keamanan dan membantu dalam tanggap darurat penanganan bencana alam”, kata Kabid Humas.

(sp/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini