REGIONALSULAWESI.ID| Makassar- Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar menjadi Tuan Rumah dalam Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sekretariat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Sekretariat Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Rabu-Kamis, 17-18 Februari 2021 yang bertempat di The Rinra Hotel Makassar dan dihadiri oleh 60 Peserta yang berasal dari 6 PTNP dan Kemenpareraf/Baparekraf.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan Rakor PTNP ini untuk menetapkan pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran serta memetakan permasalahan yang ada di perguruan tinggi negeri pariwisata di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid yang dimana para peserta dan narasumber dapat mengikutinya secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yaitu 3M. Sebelum kegiatan dimulai Seluruh Peserta diwajibkan untuk melakukan Rapid Tes Antigen sebagai bukti dan komitmen Poltekpar Makassar untuk terus berupaya dan mendukung pencegahan penularan Covid-19 di mana peserta rapat berasal dari Bandung, Bali, Medan, Lombok, Palembang dan Makassar yang mengikuti kegiatan ini.

Turut hadir pula secara daring Ibu Dra. Ni Wayan Giri Adnyani, M.Sc., CHE selaku Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf yang menmberi arahan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Dalam sambutannya Ibu Ni Wayan Giri menyampaikan bahwa sebagaimana yang kita pahami bahwa rakor PTNP ini rutin diselenggarakan bahkan dalam setahun sampai beberapa kali dan khusus untuk rakor ini lebih banyak membahas tentang tindak lanjut apa saja yang perlu disiapkan terkait dengan rancangan peraturan pemerintah tentang penyelenggaran perguruan tinggi oleh kementerian lain dan lembaga pemerintah nonkementerian sehingga keenam PTNP yang berada di bawah Kemenparekraf/ Baparekraf tetap eksis seperti sekarang.

Foto: Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd./HO/REGIONALSULAWESI.ID

Sebelumnya Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd selaku perwakilan dari tuan rumah juga menyampaikan, bahwa dengan Rapat koordinasi PTNP ini akan menghasilkan rumusan-rumasan yang menjadi rujukan kita semua.

Lebih lanjut Direktur mengatakan, kegiatan ini terlaksana atas komunikasi dan koordinasi 6 PTNP di bawah komando Kepala Pusat Pengembangan SDM Parekraf Bapak Anggara Hayun Anujuprana yang juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Dengan adanya RTPKL PTKL yang butuh komitmen bersama dari 6 PTNP untuk mempersiapkan kajian-kajian dalam artian melakukan perlawan bentuk akademik maupun dengan persiapan-persiapan apabila kebijakan ini tetap berlangsung.

Adapun beberapa Narasumber dalam kegiatan ini adalah :

  1. Direktur Kelembagaan Dikti, Bapak Dr. Ir. Ridwan, M.Sc, materi Rancangan Peraturan Pemerintah Tentang Penyelenggaran Perguruan Tinggi oleh Kementerian Lain dan Lembaga Pemerintah NonKementerian.
  2. Kepala Unit Kerjasama Poltekpar Makassar, Bapak Dr. H Syamsu Rijal, M.Pd, materi Pemaparan Kajian Program Kedinasan.
  3. Plt. Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur, Kemenpan RB, Bapak Dr. Ir. Katmoko Ari Sambodo, M.Eng, materi Pemaparan terkait Kuota CPNS untuk menjadi Mahasiswa PTNP sebagai tindak lanjut RPP PTKL.
  4. Koordinator Penganggaran, Biro Perencanaan dan Keuangan, Ibu Anggita Kiki Rahardiyanti, SE., MM dan Inspektur I oleh Bapak Bayu Aji, SE, materi Pembahasan Skema Penganggaran Program Kedinasan.
  5. Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Manajemen Pemerintah Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KMP LAN Makassar) Bapak Dr. Andi Taufik, M.Si, materi Pedoman Akreditasi Diklat Teknis.
  6. Kordinator Kompetensi, Pendidikan, dan Pelatihan oleh Bapak R.Adi Muhtar Rivai, materi Pemaparan Program Rapermen Pedoman Akreditasi Diklat Teknis.
    Serta para Pimpinan 6 Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) melaksanakan pemaparan materi Kesiapan Implementasi Program Kedinasan pada PTNP.

(sp/red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini